Rabu, 12 September 2012

seputar tentang kebidanan

faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan

Faktor- faktor yang mempengaruhi persalinan


a.      Passageway (jalan lahir)
Passageway terdiri atas jalan lahir bagian keras dan jalan lahir bagian lunak. Jalan lahir bagian keras terdiri dari tulang-tulang panggul dan sendi-sendinya, sedang bagian lunak terdiri atas otot-otot, jaringan dan ligament-ligament.
1)     Tulang panggul
Tulang panggul terdiri atas 3 bagian :
a)     Bagian anterior atau pintu atas panggul yaitu batas atas panggul sejati, dibentuk oleh tepi atas tulang pubis; bagian lateralnya dibentuk oleh linea iliopeptinea yaitu sepanjang tulang inominata; dan bagian posteriornya dibentuk oleh bagian anterior tepi atas sakrum dan promontorium sakrum.
b)     Rongga panggul atau panggul tengah merupakan saluran lengkung yang memiliki dinding anterior yang pendek dan dinding posterior yang jauh lebih cembung dan panjang. Rongga panggul melekat pada bagian posterior simpisis pubis, iscium, sebagian ilium, sakrum, dan koksigeum.
c)     Pintu bawah panggul ialah batas bawah panggul sejati. Di bagian anterior dibatasi oleh lengkung pubis, di bagian lateral oleh tuberositas iscium dan bagian posterior oleh ujung koksigium.
2)     Jaringan lunak
Jaringan lunak pada jalan lahir terdiri dari segmen bawah uterus yang dapat meregang, serviks, otot dasar panggul, vagina, dan introitus vagina.
Bidang Hodge
Hodge adalah suatu bagian panggul yang berada pada rongga panggul yang sifatnya antara satu dengan yang lainnya sejajar, ditentukan pada pinggir atas simpisis, pinggir bawah simpisis, spina isciadika dan os koksigis. Pada pemeriksaan dalam untuk menentukan sejauh mana turunnya bagian terendah janin.
·       Hodge I                 : Bidang yang dibentuk pada lingkaran PAP dengan bagian atas symphisis dan promontorium.
·       Hodge II    : Bidang ini sejajar dengan Hodge I terletak setinggi bagian bawah symphisis.
·       Hodge III : Bidang ini sejajar dengan bidang-bidang Hodge I dan II terletak setinggi spina iskiadika kanan dan kiri.
·       Hodge IV : Bidang ini sejajar dengan bidang-bidang Hodge I, II dan III terletak setinggi os koksigis.

b.     Power (Tenaga / Kekuatan)
Kekuatan yang mendorong bayi dalam persalinan adalah his, kontraksi otot-otot perut, kontraksi diafragma dan aksi dari ligamen.
His adalah kontraksi otot-otot polos dari dinding uterus yang dirasakan nyeri pada perut bagian samping tembus ke belakang datangnya berulang-ulang sifatnya teratur dan bisa tidak teratur.
Pembagian dan sifat-sifat his:
1)     His pendahuluan/palsu adalah his yang dirasakan 1-2 minggu sebelum masuk his pembukaan,sifatnya tidak kuat, tidak teratur.
2)     His pembukaan (kala I) adalah mulai terbukanya kanalis servikalis sampai pembukaan lengkap/10 cm,sifatnya mulai kuat,teratur dan sakit,gunanya untuk membuka jalan lahir bagian lunak.
3)     His pengeluaran (his mengedan) / kala II adalah pembukaan lengkap sampai anak lahir,sangat kuat,teratur,simetris,berkoordinasi dan lama,untuk mengeluarkan janin
4)     His pelepasan uri (kala III) adalah anak lahir sampai plasenta lahir, kontraksi kuat, untuk melepaskan dan melahirkan plasenta
5)     His pengiring: kontraksi lemah, masih sedikit nyeri, gunanya untuk pengecilan rahim dalam beberapa jam atau hari.
c.      Passanger
Passanger meliputi
1)     Janin
a)     Ukuran kepala janin
 Warna, ukuran dan sifatnya yang relatif kaku, kepala janin sangat mempengaruhi proses persalinan. Setelah selaput ketuban pecah kadar periksa dalam, fontanel dan sutura dipalpasi untuk menentukan presentasi, posisi dan sikap janin.


b)     Presentasi janin
Presentasi adalah bagian janin yang pertama kali memasuki pintu atas panggul dan terus melalui jalan lahir saat persalinan. Tiga presentasi janin yang utama ialah kepala, bokong dan bahu.
c)     Letak janin
Letak adalah hubungan antara sumbu panjang (punggung) janin terhadap sumbu panjang (punggung) ibu. Ada dua macam letak, yaitu memanjang atau vertikal dan melintang atau horizontal.
d)     Sikap janin
Sikap ialah hubungan bagian tubuh janin yang satu dengan bagian yang lain. Janin mempunyai postur yang khas (sikap) saat berada dalam rahim. Hal ini sebagian merupakan akibat pola pertumbuhan janin dan sebagian akibat penyesuaian janin terhadap bentuk rongga rahim. Pada kondisi normal punggung janin sangat fleksi, kepala fleksi ke arah dada, dan paha fleksi ke arah sendi lutut. Sikap ini disebut fleksi umum.
e)     Posisi janin
Posisi ialah hubungan antara bagian presentasi oksiput (lokal oksiput, sakrum, dagu, puncak kepala), terhadap empat kuadran perut ibu.
2)     Plasenta
Plasenta merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses persalinan dengan memperhitungkan implantasi plasenta pada dinding rahim (dinding posterior, anterior, segmen atas atau segmen bawah), besar plasenta dan jumlah plasenta.
3)     Air ketuban
Di dalam ruang yang diliputi oleh selaput janin yang terdiri dari lapisan amnion dan korion terdapat likuor amnii/air ketuban. Volume air ketuban pada kehamilan cukuo bulan kira-kira 1000 sampai 1500 cc.
d.     Psikis ibu
Faktor yang sangat mempengaruhi psikologis ibu adalah rasa takut dan cemas menghadapi persalinan. Rasa takut biasanya berasal dari rasa nyeri yang timbul akibat kontraksi uterus.

e.      Penolong
Penolong yang terampil sangat mendukung kelancaran proses persalinan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar